TV Flashback: CBS ” MASH ‘Menutup Musim ke-11nya pada Hari Ini pada tahun 1983

Pada hari ini di tahun 1983, rekor 106 juta pemirsa menonton untuk menonton “Goodbye, Farewell, and Amin,” seri terakhir 2½ jam dari “MASH” di CBS. Serial pemenang Emmy Award ditayangkan selama 11 musim (dan 256 episode).

Dari Wipekedia: Plot episode ini menceritakan hari-hari terakhir Perang Korea di MASH ke-4077; itu menampilkan beberapa alur cerita yang dimaksudkan untuk menunjukkan efek perang pada masing-masing personel unit dan untuk menutup seri. Setelah gencatan senjata berlaku, anggota 4077 mengadakan pesta sebelum menjatuhkan kamp untuk terakhir kalinya. Setelah perpisahan yang penuh air mata, karakter utama berpisah, mengarah ke adegan terakhir dari serial ini.

Saat negosiasi perdamaian terakhir berlanjut selama Perang Korea, Hawkeye Pierce menjalani perawatan di rumah sakit jiwa setelah menderita gangguan saraf di OR. Diminta oleh Sidney Freedman, dia secara bertahap mengingat sebuah insiden yang terjadi ketika personel 4077 kembali ke kamp dari tamasya pantai. Bus mereka mengangkut beberapa pengungsi dan tentara yang terluka, tetapi terpaksa berhenti di jalan agar tidak terlihat oleh patroli musuh. Hawkeye menceritakan bahwa dia menyuruh seorang wanita untuk menjaga “ayam” nya diam, yang dia lakukan dengan membekapnya, yang menyebabkan kematiannya. Sementara itu, tank yang melarikan diri menghancurkan jamban kamp dan menabrak di dekatnya. Meninggalkan kamp untuk buang air di sungai, Charles Winchester terkejut menemukan lima tentara China siap untuk menyerah kepadanya. Dia membawa mereka kembali ke perkemahan dan, setelah mengetahui bahwa mereka adalah musisi, memanggil beberapa Mozart. Salah satunya memainkan tema dari Mozart’s Clarinet Quintet, dan Winchester mulai mengajari mereka keseluruhan karya.[1] Ketika dia ditolak untuk posisi staf di rumah sakit Boston yang bergengsi, Margaret Houlihan diam-diam menggunakan koneksi ayahnya untuk mendapatkannya. Winchester menjadi marah kepada Margaret setelah mengetahui dari Klinger bahwa dia hanya memenangkan posisi itu melalui intervensinya.

Klinger telah jatuh cinta dengan Soon-Lee Han, seorang pengungsi lokal Korea, dan membujuknya untuk tidak mencari orang tuanya yang hilang di daerah pertempuran sengit. BJ Hunnicutt menerima perintah keluarnya dan berjanji kepada Kolonel Potter bahwa dia dapat mengatur agar seorang ahli bedah menggantikannya. Selama serangan mortir mendadak yang dipicu oleh kehadiran tank yang jatuh, Pastor Mulcahy bergegas membebaskan beberapa tawanan perang dari kandang penampungan sementara, dan terkena ledakan peluru. Ia menuntut agar BJ – satu-satunya yang tahu tentang ketulian Mulcahy akibat ledakan – merahasiakannya agar tidak dipulangkan dan kehilangan kesempatan untuk merawat anak yatim piatu setempat.

Setelah perawatan lebih lanjut, Hawkeye akhirnya mengungkapkan bahwa ayam itu adalah pengganti mentalnya sendiri dari peristiwa tersebut untuk mengatasinya, karena wanita itu benar-benar membekap bayinya. Dia membenci Sidney karena membuatnya mengingat kematian bayinya, tetapi Sidney menjelaskan itu adalah bagian penting dari proses pemulihan. Dia mengirim Hawkeye kembali ke 4077 dan berjanji untuk memeriksanya. BJ pergi untuk memulai perjalanan pulang setelah dipulangkan, ketika Kolonel Potter menerima pemberitahuan yang membatalkan pembebasan BJ tetapi memutuskan untuk tidak menindaklanjutinya. Hawkeye kembali ke kamp dan menyadari kekecewaannya bahwa BJ tidak meninggalkan pesan perpisahan untuknya. Saat penembakan berlanjut, dia secara impulsif melompat ke dalam tank dan membawanya ke tempat pembuangan sampah kamp, ​​mengalihkan tembakan musuh dari OR. Potter menjadi prihatin dan menelepon Freedman untuk kunjungan lanjutan dengan Hawkeye. Tidak ada tindak lanjut mengenai wanita di dalam bus, begitu ketakutan musuh dia membunuh bayinya.

Kamp tersebut terpaksa direlokasi karena serangan bom pembakar dan kebakaran hutan yang diakibatkan. Setelah unit disiapkan, ahli bedah pengganti tiba – BJ, yang berhasil sampai di Guam sebelum kabar tentang pemecatan itu sampai kepadanya. Selama pesta untuk merayakan ulang tahun kedua putri BJ, Hawkeye mengira Sidney ada di sana untuk menghadapinya tentang insiden tank, tetapi Sidney meyakinkannya bahwa tindakannya masuk akal dalam merawat sesama tentaranya. Hawkeye kemudian mengaku kepada Sidney bahwa insiden di bus tersebut membuatnya takut berada di dekat anak-anak. Sidney menepis ketakutan ini, memberi tahu Hawkeye bahwa kegagalannya dapat membuatnya menjadi dokter yang lebih baik. Hawkeye kemudian ragu-ragu sebentar sebelum mengoperasi seorang gadis muda, tetapi mampu melanjutkan prosedurnya; Sidney meninggalkan 4077 dengan ucapan terima kasih Hawkeye.

Charles dengan enggan mengucapkan selamat tinggal kepada musisi Tiongkok selama pertukaran tahanan, dan mereka memainkan Mozart Clarinet Quintet untuknya saat dibawa pergi dengan truk. Gencatan senjata terakhir diumumkan, yang akan berlaku pada pukul 10:00 malam itu dan menandai berakhirnya permusuhan dalam perang. Kamp tersebut pindah kembali ke lokasi aslinya atas perintah dari markas besar, dengan tentara yang terluka terus berdatangan. Saat melakukan triase, Winchester merasa ngeri saat mengetahui bahwa salah satu musisi telah dibawa masuk tewas dan yang lainnya terbunuh ketika truk mereka diserang. Bingung, dia kembali ke The Swamp dan mencoba mendengarkan rekaman Klarinet Quintet yang dia ajarkan kepada mereka, tetapi menghancurkannya dengan marah.[1]

Setelah shift bedah selesai, personel kamp mengadakan pesta terakhir dan membicarakan rencana mereka setelah perang. Klinger mengejutkan semua orang dengan mengumumkan bahwa dia ingin menikahi Soon-Lee dan tinggal di Korea untuk membantunya menemukan orang tuanya. Keesokan paginya, Mulcahy meresmikan pernikahan mereka sebelum kamp dibongkar dan semua orang mengucapkan selamat tinggal, pergi melalui berbagai macam moda transportasi. Winchester meminta maaf kepada Houlihan atas perlakuan buruk sebelumnya terhadapnya, dan memberinya buku puisi favoritnya. Tepat sebelum Hawkeye pergi dengan helikopter, BJ berteriak bahwa dia meninggalkan catatan kali ini. Saat dia lepas landas, Hawkeye melihat ke bawah dan melihatnya: kata GOODBYE diucapkan dengan bebatuan di sepanjang landasan pendaratan. Dia tersenyum pada dirinya sendiri saat helikopter membawanya menjauh dari 4077.

Author: admin